Pelajari Tips Mengendarai Motor Matik di Tanjakan

0 Comments

Motor Matik merupakan jenis kendaraan roda dua yang umumnya menjadi alternatif para pengguna utamanya pemuda saat ini. Selain banyak peminat, ternyata motor matik lebih mudah untuk dipelajari serta dikendarai oleh pemula. Dibandingkan dengan jenis motor lain yang cenderung butuh banyak waktu untuk mempelajarinya. Berikut akan diulas mengenai tips mengendarai motor matik di tanjakan yang tentunya berguna bagi Anda.

 

  1. Buka Gas secara Bertahap

Pada tips yang pertama, Anda perlu membuka gas secara bertahap. Sering disepelekan oleh pengguna. Pada kenyataannya, membuka gas secara bertahap juga memiliki banyak fungsi. Tidak hanya dikarenakan membuka gas secara bertahap merupakan kewajiban pengendaraan para pengguna motor matik. Maka dari itu perlulah pengguna untuk menyadari betapa pentingnya fungsi pembukaan bertahap dari gas motor.

Bagi Anda pemula dari pengguna motor matik, perlu memperhatikan kinerja dari gas motor yang dimiliki. Pasalnya ketika motor mengalami pengurangan kegunaan, dapat berakbat fatal dan sulit diperbaiki dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, Anda harus membiasakan diri untuk menjalankan kendaraan dengan pembukaan gas secara bertahap. Hal ini dapat mengawetkan mesin kendaraan Anda sekaligus.

 

  1. Gunakan Rem Belakang saat Jalan Menanjak

Selanjutnya pada tips kedua terdapat intruksi untuk menggunakan rem belakang saat berkendara di jalan menanjak. Mengapa harus rem belakang? Sebab jika Anda menggunakan rem depan, akan sangat beresiko apabila terjadi kecelakaan mendadak. Hal ini disebabkan tanjakan merupakan medan perjalanan yang sulit untuk dilakukan para pengguna motor pemula.

Sehingga pada urutan kedua dari tips mengendarai motor matik di tanjakan menyarankan Anda untuk berhati-hati dalam menggunakan fungsi rem. Rem belakang direkomendasikan untuk tanjakan, sedangkan rem depan direkomendasikan untuk hal-hal yang bersifat genting. Namun tidak perlu berlebihan dalam melakukan pengereman. Cukup lakukan sekadarnya dan sebaik mungkin.

 

  1. Selalu Gunakan Jarak Aman

Urutan ketiga dan faktor yang sering disepelekan juga oleh para pengguna motor matik, ialah menggunakan jarak aman. Sebagian besar pengguna motor matik merasa terburu-buru dengan berbagai aktivitas yang dimiliki. Padahal pada dasarnya, Anda tak perlu membatasi ruang gerak dan waktu demi melaksanakan aktivitas tersebut. Jarak aman saat berkendara merupakan antisipasi pencegahan utama dari adanya kecelakaan.

Setidaknya beri satu posisi motor didepan Anda sebagai jarak aman dalam berkendara. Hal ini dilaksanakan guna mencegah adanya kemuduran dari kendaraan di depan Anda ketika melakukan perjalanan. Sehingga, jika terjadi kecelakaan tepat di depan Anda maka dapat dilakukan pembelokan secara beruntun dari belakang. Hal ini dapat mencegah terjadinya kecelakaan berantai yang sering dialami di banyak lokasi perjalanan.

 

  1. Perhatikan Area Berbahaya

Pada tips mengendarai motor matik di tanjakan urutan keempa, tiap perjalanan yang dilakukan oleh orang-orang, pada umumnya telah terpasang rambu-rambu area berbahaya. Rambu-rambu tersebut berguna sebagai peringatan mengenai tindakan yang tidak atau perlu dilakukan. Misalnya ketika berada di rambu-rambu tanjakan, maka Anda dilarang untuk melakukan perjalanan ngebut dan tidak terarah.

Contoh tersebut masih sering ditemui di berbagai situasi. Padahal yang perlu Anda garisbawahi, dalam berkendara tak perlu terlalu terburu-buru. Sebab jika sudah terjadi kecelakaan, tidak hanya diri sendiri yang rugi. Namun orang lain pun ikut merasakan dampak yang dialami. Perhatikan rambu-rambu area berbahaya, utamanya di jalan yang terjal, penuh tanjakan, dan belokan.

 

  1. Tidak Menyalip Kendaraan Lain

Pada urutan tips terakhir terdapat peringatan untuk tidak menyalip kendaraan lain. Bagaimana tidak, masih sering ditemui pada area yang berbahaya. Kendaraan satu sama lain saling menyalip tanpa rasa bersalah. Jika jalan yang dilewati masih terbilang luas, hal tersebut mungkin wajar. Namun apabila jalan yang terjal dan menanjak sempit, maka hal tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan diri sendiri serta orang lain.

Menyalip kendaraan lain merupakan hal yang tidak direkomendasikan pada tips mengendarai motor matik di tanjakan. Sebab apabila kendaraan Anda menyenggol kendaraan lain, dapat dipastikan ada dua kemungkinan yang terjadi. Kendaraan Anda yang akan mengalami kecelakaan dan rugi fatal. Atau mungkin kendaraan lain yang terdampak kecelakaan serta Anda menjadi tersangkanya.

Related Post