Pentingnya Mengencangkan Mur dan Baut Sepeda Motor

0 Comments

Pentingnya Mengencangkan Mur dan Baut Sepeda Motor

Seiring dengan pemakaian sepeda motor, lama kelamaan mur dan baut yang ada pada sepeda motor juga akan longgar. Mur dan baut merupakan benda penting yang menyatukan banyak komponen sepeda motor sehingga jika mengendur apalagi copot, pasti akan berakibat sangat fatal. Ingin tahu lebih tentang mur dan baut pada sepeda motor? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Check this out!

Penyebab Mur dan Baut Sepeda Motor Mengendur

Baut dan mur adalah penghubung atau fastener antara 2 benda atau komponen pada sepeda motor. Tanpa adanya baut dan mur, komponen-komponen dalam sepeda motor pasti akan lepas dan tentunya sepeda motor tidak dapat digunakan. Mur dan baut pada sepeda motor harus dipasang pada kekencangan tertentu, tergantung pada bagian komponen mana mur dan baut tersebut dipasang.

Terkadang karena beberapa faktor, mur dan baut dapat kendor dan menjadi bahaya bagi sepeda motor. Lantas faktor apa saja sih yang menyebabkan mur dan baut sepeda motor menjadi kendur?

Faktor pertama yang membuat mur dan baut sepeda motor kendur adalah getaran yang berlebihan pada kendaraan. Faktor ini biasa terjadi pada sepeda motor yang sering melewati tanjakan atau jalanan dengan medan yang berat. Faktor lainnya adalah karena daya tarik atau tekanan yang dialami oleh mur dan baut. Faktor yang satu ini biasanya disebabkan oleh cara pemasangan mur dan baut yang salah. Atau bisa jadi, anda terlalu memberikan beban berat pada sepeda motor secara berkelanjutan.

Faktor terakhir yang membuat mur dan baut sepeda motor mengendur adalah faktor cuaca. Seperti yang sudah anda ketahui, besi akan memuai dan menyusut seiring dengan keadaan cuaca, mur dan baut biasanya terbuat dari besi sehingga turut mengalami dampak dari perubahan cuaca tersebut. Sepeda motor yang sering terkena banjir atau air hujan juga bisa menyebabkan mur dan bautnya mengendur.

Kenapa Mur dan Baut Harus dikencangkan?

Seperti sudah dijelaskan diatas, mur dan baut yang kendur bisa menjadi malapetaka bagi sepeda motor. Mur dan baut bertugas untuk menyatukan komponen satu dengan komponen lainnya, misalnya adalah roda dengan bodi motor. Bayangkan jika mur dan baut roda itu kendur. Apa yang akan terjadi pada roda motor?

Tentu saja roda tersebut akan oleng dan berbahaya bagi pengendara.

Mur dan baut harus selalu diperiksa kekencangannya secara berkala agar sepeda motor anda selalu aman dan nyaman untuk digunakan. Idealnya, mur dan baut harus diperiksa setiap sebulan sekali. Anda bisa menjadwalkan pengecekan mur dan baut saat mengganti oli atau servis rutin bulanan.

Pengecekan mur dan baut memang seharusnya dilakukan oleh ahlinya. Kenapa? Karena kekencangan mur dan baut berbeda-beda pada setiap komponen. Mur dan baut pada bagian tertentu harus dibuat sangat kencang sedangkan pada bagian lain mungkin harus dibuat sedikit lebih longgar. Yang jelas, tukang servis yang biasa menangani hal ini pasti sudah paham akan ukuran kekencangan mur dan baut pada setiap komponen sepeda motor.

Bisakah Mengencangkan Mur dan Baut Sendiri?

Anda tidak sempat pergi ke tukang servis namun sepeda motor sudah terasa tidak nyaman? Apakah anda diperbolehkan untuk mengencangkan mur dan baut sendiri?

Sebenarnya, solusi terbaik saat sepeda motor terasa tidak nyaman adalah pergi ke tukang servis. Bagaimanapun, mereka adalah orang yang sudah ahli dalam bidangnya sehingga anda dijamin aman untuk berkendara. Namun jika pada keadaan terdesak, anda bisa saja mengencangkan mur dan baut sepeda motor anda sendiri.

Namun anda harus memastikan untuk membaca manual book sepeda motor anda dengan benar. Perhatikan mur dan baut bagian mana yang harus dipasang kencang atau mur dan baut mana yang harus dipasang sedikit lebih longgar. Ingatlah untuk memasang semuanya dengan hati-hati dan penuh perhitungan demi keamanan anda berkendara, ya!

Demikian penjelasan lengkap tentang mur dan baut yang merupakan komponen penting bagi sepeda motor. Meskipun kecil dan sering dianggap sepele, mur dan baut merupakan hal vital yang harus anda perhatikan. Semoga informasi diatas dapat membantu anda ya. Semoga bermanfaat!

 

Tags:

Related Post